Berapa Tekanan Ban Mobil Yang Tepat dan Ideal Untuk Digunakan?

Posted on

Kebanyakan pengemudi atau supir mobil itu tidak memperhatikan tekanan ban mobil nya tersebut, padahal hal tersebut sangat penting, karena hal itu dapat mempengaruhi kenyamanan anda saat berkendara dan bahkan mempengaruhi performa mobil. Bahkan sering kali terjadi kecelakaan yang diakibatkan kurangnya tekanan ban mobil atau tidak pas (ideal). Karena untuk ukuran tekanan angin ban mobil itu tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Tekanan angin ban mobil yang terlalu rendah alias kurang angin, akan menyebabkan terjadinya kebocoran pada ban mobil yang kalian pakai saat berkendara pada jalanan yang berbat. Lalu apabila tekanan ban mobil terlalu tinggi sangat memicu  terjadinya aquaplaning saat berkendara di jalan yang berair.

Berapakah Tekanan Ban Mobil Yang Pas alias Ideal?

Setiap jenis mobil, memiliki ukuran tekanan ban mobil nya sendiri, maka dari itu kalian tidak bisa menyamakannya, jadi tentunya tekanan angin ban mobil ini sangat tergantung pada jenis mobilnya serta apa ban yang digunakan oleh pabrikan.

Untuk kalian tahu secara pasti berapa tekanan ban mobil toyota, anda dapat melihat ke informasi tekanan ban mobil yang tentunya bisa kalian percaya karena itu merupakan website resmi dari toyota.

Cara menganalisa berapa tekanan ban mobil bagian sopir, di pilar bagian dalam, lebih tepatnya d sebelah kanan bawah jok sopir ada stiker kotak warna putih dengan tulisan informasi tentang jenis serta tekanan ban mobil.

Nah ini satu contoh tekanan angin ban mobil untuk salah satu mobil yang bernama Mobile Xenia All New Type M 1000 CC yaitu 165/80R13 83 S, untuk tekanan ban mobile depan 33 Psi (230 kPa) serta untuk tekanan angin ban mobil belakang 36 Psi (250 kPa).

Jika untuk beberapa tekanan ban mobil Toyota All New Kijang Innova, ukuran standarnya 205/65R16 serta tekanan ban mobil depan atau belakang sama 33 Psi. Akan tetapi apabila Mobil tersebut memiliki 7 Penumpang, maka tekanan ban mobil harus ditambah yaitu menjadi 36 Psi.

Tekanan Ban Mobil Standar

Tekanan ban mobil juga menjadi salah satu faktor kenyamanan saat berkendara. Dimana kalian harus memperhatikan tekanan ban mobil yang tentunya akan sangat dipengaruhi oleh temperatur udara lingkungan. Jika di negara Indonesia ini, tekanan ban mobil direkomendasikan adalah 28 sampai 33 Psi.

Jika kita lihat secara umumnya, mobil itu dikelompokan menjadi 4 bagian, yang mana kelompok Mobil MPV (Multipurpose Vehicle), Mobil Niaga, Mobil City Car, Mobil Sedan, serta Mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Agar kalian lebih mengetahui ukuran tekanan ban mobil dengan lebih jelasnya, yang mana kami telah mengkelompokan jenis mobil dan tekanannya berdasarkan standar pabrikan, silahkan kalian simak list yang kami sediakan dibawah ini:

  • Mobil MPV (Kijang, Avanza, Ertiga, Xenia, Mobilio, Sigra, serta sejenisnya) Tenakan Ban Mobil : (30 – 33) Psi.
  • Mobil Niaga (Angkot serta Pick Up) Tekanan Ban Mobil : (30 – 35) Psi.
  • Mobil City Car (Yaris, Picanto, Jazz, Honda Brio, Agya, Ayla serta sejenisnya) Tekanan Ban Mobil : (29 – 32) Psi.
  • Mobil Sedan (Vios, Toyota Corolla, Honda Civic, serta sejenisnya) Tekanan Ban Mobil : (28 – 31) Psi.
  • Mobil SUV (Pajero serta Fortuner) Tekanan Ban Mobil : (35 – 40) Psi.

Tekanan Ban Mobil Menurut Kebetulan

Tekanan ban mobil yang standar pabrikan di atas idealnya pas untuk jalan yang rata, datar serta hanya buat daerah perkotaan saja (tidak buat perjalanan jauh).

Jika kalian ingin mengendarai di jalan yang berbatu, naik turun serta itu merupakan perjalanan yang jauh, alangkah baiknya kalian tambahkan sedikit tekanan ban mobil supaya ban mobil yang kalian gunakan tetap aman.

Contohnya pada Mobile Xenia All New Type M yang telah direkomendasikan pabrikan menggunakan tekanan ban mobil depan 33 Psi serta belakang 36 Psi, maka kalian bisa menaikannya ke 34 Psi serta 37 Psi alias menambahkan 1 tekanan ban mobil dari biasanya.

Namun jangan lupa jika kalian sudah balik kerumah,  maka cek kembali tekanan ban mobil nya lalu kalian standarkan lagi.

Pentingnya Mengetahui Tekanan Ban Mobil

Tidak semua pengisi tekanan angin ban mengetahui berapa kebutuhan tekanan ban mobil yang kalian butuhkan.

Untuk yang operator yang tidak berhati hati, maka mereka akan mengisi tekanan ban mobil tanpa memandang jenis ban yang kalian gunakan, jadi mereka hanya mengisi sesuai apa yang mereka lakukan pada umumnya, jadi sudah pasti itu belum tentu akan sesuai dengan kebutuhan ban mobil yang kalian gunakan.

Namun jika untuk operator yang berhati – hati, maka mereka akan menanyakan seperti halnya mereka belum mengetahui kebutuhan ban mobil kalian, contohnya “Mau diisi berapa Pak?”. Namun jika kalian tidak menjawab mereka akan memberikan alternatif jawaban yaitu “Untuk ukuran standar atau lebih keras?”.

Sudah pasti jika kalian mengetahui berapa kebutuhan tekanan ban mobil yang kalian butuhkan, maka kaklian pastinya bisa jawab jika di tanya “Mau diisi yang berapa Pak?”. Namun masalahnya jika kalian tidak tahu, maka kalian pasti akan kebingungan.

Semoga ini membantu anda, dan semoga selamat selalu di perjalanan amiin.

Incoming search terms:

  • ban mobil
  • berapa ukuran tekanan angin ban xenia 165 -70- 13