Cara Menginstall Aplikasi SAS Dengan Mudah Terbaru

Posted on

Cara Menginstall Aplikasi SAS Dengan Mudah TerbaruSAS Merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Satker, SAS ini di gunakan untuk membuat SPM atau Surat Perintah Membayar dan juga ada beberapa fungsi lainnya dalam rangka pelaksanaan APBN. Aplikas SAS sendiri di buat oleh Direktorat Sistem Perbendaharaan atau biasa di singkat dengan DSP Ditjen Perbenaharaan, dan kementrian keuangan yang secara resmi di rilis pada situs resmi Ditjeen Perbendaharaan yaitu djpbn.kemenkeu.go.id. Aplikasi SAS ini awal mula di gunakan pada tahun 2015 tepatnya yaitu sebagai pengganti Aplikasi Sebelumnya yang bernama Aplikasi SPM yang juga berfungsi untuk membuat SPM tanpa fungsi yang lainnya.

Aplikasi SAS bisa di install di Perangkat Komputer atau Laptop dengan minimum resource seperti berikut :

  1. Ruang Hard disc kosong atau minimal tersedia Hard disc minimum 45.6 MB.
  2. RAM Minimal 1 GB
  3. OS menggunakan Windows dan juga OS windows minimal adalah XP.

Untuk penggunaan yang optimal sebaiknya silahkan anda install Aplikasi SAS pada perangkat omputer atau Laptop dengan menggunakan spesifikasi seperti di atas yang sudah kami jelaskan.

Apa saja modul tambahan pada Aplikasi SAS/Sistem Aplikasi Satker ?

Pada awal tahun 2015. Ditjen perbendaharaan kementrian Keuangan merilis Aplikasi terbarunya yang menggantikan Aplikasi SPM yang di beri nama Aplikasi SAS atau Sistem Aplikasi Satker. Jika di lihat dari tampilan menu dari Aplikkasi SAS ini hampir sama dengan Aplikasi SPM, tetapi hanya saja pada Aplikasii SAS ini di gabungkan dengan beberapa modul Aplikasi yang sebelumnya berada pada Aplikasi yang terpisah, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Modul Aplikasi Silabi atau Sistem Pelaporan Bendahara Instansi yaitu Aplikasi untuk membuat sebuah laporan pertanggung jawaban bendahara instansi pengelola dana APBN.
  2. Aplikasi konfirmasi penerimaan negara atau di singkat dengan K2PN yaitu sebuah Aplikasi untuk create adk konfirmasi penerimaan negara ke KPPN
  3. dan Aplikasi perencanaan Kas atau Renkas yang biasa di gunakan untuk membuat adk perencanaan kas khusus untuk satker yang mengajukan SPM dengan nilai netto 1 miliyar ke atas.

Banyak orang bertanya bagaimana Cara Menginstall Aplikasi SAS ini? Mari kita simak yuk berikut ini caranya :

  1. Pertama-tama silahkan anda instaler Aplikasi SAS 2017 yang terdiri dari dua file yaitu Install Aplikasi SAS2017 V17.0.0 exe dan Install Database SAS2017 V17.0.0 exe.
  2. Kemudian silahkan anda klik kanan pada file Install Aplikasi SAS20=17 V17.0.0.exe => Run As Administrator.
  3. Selanjutnya klik Lanjut, lalu install dan tunggu sampai proses sudah benar-benar selesai.
  4. Jika pada Laptop atau perangkat komputer sebelumnya sudah ada Aplikasi SAS 2016, silahkan anda hilangkan tanda centang pada jalankan Install ODBC MySQL, lalu klik selesai.
  5. Tetapi jika pada perangkat komputer atau Laptop tidak ada Aplikasi SAS yang sebelumnya biarkan saja tanda centang itu tetap di jalankan lalu silahkan anda install ODBC MySQL. Lalu klik sampai benar-benar selesai dan klik Next sampai proses sudah selesai.
  6. Tahap berikutnya anda harus menginstal database. Klik sebelah kanan di file Instal_Database_SAS2017_v17.0.0.exe=>Rum as Administrator.
  7. Tekan instal hingga prosesnya selesai seperti gambar.
  8. Jika kemudian muncul kotak dialog Command Prompt, bisa anda abaikan tetapi jangan ditutup karena akan menghilang dengan sendirinya. Cara instal Aplikasi SAS tahun 2017.
    Dan proses Instalisasi telah selesai dan berhasil
    Di dekstop akan muncul icon Aplikasi SAS 2017.

Jika sudah berhasil menginstal, aplikasinya akan berjalan dengan baik seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana mudah bukan caranya ? Cukup sekian cara yang dapat kami berikan tentang Cara Menginstall Aplikasi SAS 2017, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada kata-kayta yang tidak berkenan di hati mohon di maafkan. Selamat Mencoba dan Terimakasih !

Incoming search terms:

  • cara install aplikasi sas 2018 di windows xp